Jumat, 03 Juni 2011

Ide tersebut berawal dari tahapan ini !

Tangerang, 4 Juni 2011

-------------------------------------------------------

Membuat hampir 8 kompetisi judo nasional berstandar internasional merupakan anugerah tersendiri bagi saya. Bagaimana tidak, kalau saja ditelusuri keseluruhan kegiatan yang saya kerjakan merupakan kegiatan yang murni dikerjakan segala sesuatunya secara mandiri. Baik dalam hal pendanaan dan juga pelaksanaan.

Banyak kalangan menilai bahwa saya merupakan pribadi yang mudah mencari uang untuk seluruh kegiatan ini. Padahal, kenyataannya tidak begitu. Sangat sulit menjual kompetisi Judo di kalangan sponsor. Terlebih Judo lebih dikenal sebagai olahraga keras dan cukup berbahaya bagi sebagian sponsor sampai akhirnya saya berhasil membawa kompetisi Judo dari Mal ke Mal. Yup, saya membuat kompetisi Judo di dalam Mal. Suatu terobosan yang pada awalnya cukup mendapat tanggapan sinis bahkan dari kalangan Judo itu sendiri !!!.

Seperti pada tulisan saya sebelumnya, bahwa hukum tarik-menarik akan berlaku secara alamiah. Dimana, ketika kita berhasil membuat sebuah terobosan. Segala sesuatunya akan berjalan sebagaimana mestinya. Sponsor mulai tertarik dengan konsep Judo saya, bahkan cukup berani dalam memberikan jumlah yang sangat besar bagi kompetisi Judo saya. Jumlahnya, ssstttt…rahasia. !!

Namun inilah saya, sebagai pribadi yang menyukai terobosan dan hal-hal aneh yang belum pernah dibuat sebelumnya. Saya ingin pengalaman ini tidak berhenti di otak saya saja, saya ingin berbagi. Meski berbeda pandangan didalam prosesnya setidaknya kita tetap menuju hal yang sama, yakni kemenangan dan kepuasan yang memacu untuk terus berkarya !.

Lalu apakah rahasianya !.

Resepnya sangat simple, tekad dan motivasi merupakan modal awal anda lalu diikuti oleh semangat dan sedikit nekat dalam hal berbuat. Bila anda sudah memiliki hal tersebut diatas, well..anda bisa maju ke tahap berikutnya, dan berikut langkah-langkahnya :

TENTUKAN EVENT ANDA

Ini hal mutlak yang harus anda lakukan di awal ide anda. Apakah yang ingin anda buat, dimanakah kegiatan ini akan berlangsung, siapakah target kegiatan anda, dan yang terpenting siapakah partner dan team anda untuk mewujudkan segala sesuatunya. Anda harus mengkonsep hal ini secara matang, tidak boleh setengah-setengah, karena ini merupakan tolak ukur keberhasilan anda. Anda harus mengerti dengan apa yang akan anda putuskan. Jumlah peserta akan berhubungan dengan luas area yang anda butuhkan, jadi jangan asal dalam memilih lokasi. Apakah tema anda, apakah nyambung dengan konsep kegiatan anda, dan jangan lupa untuk selalu setahun kedepan dalam melihat tanggal di kalendar. Anda jangan asal dalam menetapkan tanggal, lihatlah melalui jaringan internet. Ada hal penting apakah yang mungkin terjadi di tanggal yang telah anda tetapkan sebagai tanggal kegiatan sebab tidak jarang, beberapa kegiatan olahraga justru berbenturan dengan agenda pendidikan seperti halnya Ujian ataupun ulangan umum. Dan sebagai usulan, sebisa mungkin menghindari tanggal merah ataupun hari kejepit nasional, kenapa..karena tanggal tersebut merupakan hari libur milik keluarga yang tidak dapat diganggu gugat, terkecuali seluruh peserta anda memiliki komitmen untuk mengedepankan kegiatan anda ketimbang keluarga mereka atau kegiatan tersebut memang diperuntukkan bagi hiburan keluarga seperti Family Gathering, Fun Bike dan lain-lain.

BUATLAH PROPOSAL SEMENARIK MUNGKIN

Terkadang sebuah idea atau keinginan yang mengebu-ngebu akan kembali mentah bilamana kita tidak tahu bagaimana menuangkan ide tersebut secara tertulis dalam bentuk proposal. Atau bisa saja, dapat dituangkan namun dengan hasil biasa-biasa saja, dibaca datar dan lebih banyak bercerita.

Well,..logikanya seperti ini, anda akan menghadapi bagian eksekutor keuangan sebuah perusahaan besar bagi kegiatan anda. Dimana mereka memegang konsep Time is Money !. jadi sangat tidak memungkinkan bila anda memberikan proposal dengan segudang bacaan atau cerita mengenai kegiatan anda. Sebab mereka hanya akan memikirkan “apa keuntungan mereka bila bergabung di kegiatan anda”. That’s it !.

Oleh karenanya, buatlah proposal semenarik mungkin. Buatlah pola yang tidak biasa dalam proposal anda, lebih berwarna dan kreatif lebih banyak disukai oleh perusahaan-perusahaan bonafit. Jangan lupa cantumkan pola-pola media yang akan anda buat dengan logo mereka yang sudah terpampang disana, berikan ide ilustrasi kaos yang lucu dan semenarik mungkin dengan menggunakan image perusahaan mereka. Dalam keadaan seperti ini, ingatlah anda yang membutuhkan mereka dan bukan sebaliknya, berikan selalu jawaban IYA dalam saran dan kritik mereka. Karena apa, bila mereka terkesan atau memberikan detail letak kesalahan dalam proposal anda, sudah pasti mereka akan terjun di kegiatan anda. Bila sudah ada lampu hijau untuk bernegoisasi, go ahead..biarkan mereka memilih paket yang anda tawarkan, apapun pilihan mereka, anda harus memberikan jawaban atau argumentasi yang bersahabat. Perlu diingat mereka adalah sponsor potensial anda di waktu-waktu kegiatan anda berikutnya.

PROPOSAL DAN TAKDIR YANG MENYERTAINYA

Percayakah anda bahwa dari 100 proposal yang anda layangkan kepada perusahaan besar, tidak kurang dari 10 proposal saja yang sampai di bagian yang kita harapkan. Sisanya, kalau gak sampai, terselip, hilang dan yang paling bagus sudah mendapat penolakan, setidaknya proposal itu sudah sampai di tempat tujuan. Ada 2 penyampaian proposal yang mungkin sudah diketahui oleh umum yakni, melalui pos dan penyampaian langsung. Bila melalui Pos, mungkin hal diatas kemungkinan besar terjadi, tapi lain halnya bilamana penyampaian bisa disampaikan secara langsung. Dalam hal ini, anda sudah memiliki link atau orang dalam sehingga bisa langsung tepat sasaran, hasil akhir penyampaian proposal model seperti ini sudah bisa anda prediksi sendiri.

TEAM YANG SOLID

Sehebat apapun anda, tetap..anda tidak akan bisa bekerja sendiri ! anda membutuhkan team sukses bagi seluruh rangkaian kegiatan anda. Minimal anda memiliki 5 orang dengan komitmen kuat terhadap kesuksesan anda, memiliki kemampuan dan skill tertentu merupakan nilai lebih dari team anda. Carilah orang yang mudah memahami keinginan anda dalam arti apa yang ingin anda sampaikan dapat terserap dengan mudah sehingga pada saat pelaksaan kegiatan semua yang sudah dikoordinasikan sebelumnya dapat berjalan sesuai rencana. Yang paling baik, carilah pribadi yang menyukai hobi sejenis yang menjadi pondasi kegiatan anda. Contohnya seperti ini, dalam membuat kompetisi Judo, sudah pasti saya akan mencari pejudo (praktisi Judo) yang memiliki kemampuan yang saya harapkan seperti untuk membuat bagan, penilaian dan lain sebagainya. Sebuah parodi bila saya memanfaatkan kemampuan pemain bulu tangkis dalam kompetisi Judo. Dan yang paling perlu di ingat, berikan reward sesuai deskripsi tugas masing-masing, jangan pernah anda menyamakan reward kepada seluruh panitia, hindari konflik karena materi merupakan hal penting yag wajib anda lakukan. Karena apa, suatu saat anda membuat kegiatan lanjutan, anda dengan mudah menggunakan tenaga mereka lagi.

LAPORAN KEGIATAN

Ini merupakan rangkaian terakhir yang terkadang dianggap sepele atau bahkan terlupakan sama sekali. Pada prinsipnya, perusahaan ataupun sponsor membutuhkan laporan kegiatan yang mereka sponsori, terutama berkaitan dengan laporan bulanan/tahunan keuangan perusahaan. Namun terkadang kita melupakan bagian ini, karena kita sudah merasa senang dengan apa yang telah mereka berikan, sehingga lupa akan kewajiban yang harus kita kerjakan. Tidak semua perusahaan “Ingat” untuk meminta laporan, oleh karenanya merupakan sebuah itikad baik bila kita mengingatkan dengan memberikan laporan tersebut (minimal 2 minggu setelah kegiatan terlaksana) agar kedepannya mereka tetap bisa bantu kita kembali. Jangan lupa, untuk selalu meminta tanda terima terhadap apapun yang kita terima atau berikan kepada bagian penerimaan perusahaan tsb, karena berkas ini bisa kita sampaikan kembali di dalam proposal kegiatan selanjutnya terhadap perusahaan yang sama. Ini disebut strategi mengingatkan “bahwa kita pernah sukses bekerjasama”.

-----------------------------------------------------------------

Bilamana anda sudah melalui hal tersebut semua (telah menyelesaikan suatu event kegiatan melalui tahapan tersebut), maka anda dapat kembali ke awal tahapan (dengan sedikit pengalaman tentunya) untuk kembali mengulang sukses anda. Dan apabila anda kurang sukses di tahapan pertama, maka anda harus kembali mambaca tulisan saya yang pertama bahwa “Orang hebat tidak langsung dilahirkan hebat. Mereka menjadi hebat karena memutuskan untuk mewujudkan cita-cita dalam kehidupan yang menolak menyerah. Perjuangan yang harus kita hadapi di jalan menuju cita-cita adalah hal yang menjadikan kita hebat. Orang biasa dapat menjadi luar biasa bila secara konsisten dan tekun mengikuti prinsip-prinsip kesuksesan”. Orang Sukses pasti pernah gagal, dan orang yang belum pernah gagal belum tentu sukses.

Selamat berkarya dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda !!!

PS. Bilamana anda ingin copy paste atau bahkan memodifikasi tulisan ini "HARAP MENCANTUMKAN SUMBERNYA YA". Tulisan ini bebas biaya, namun tetap saja, ini karya saya bukan karya anda hehehe !!!

1 komentar: